Septina Sri Haryanti, SSH and kartini herlina, KH and Abdurrahman, Abdurrahman and Ike Festiana, IF and Munadhirotul Azizah, MA Efektivitas Program Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran ExPRession untuk Meningkatkan Systems Thinking Skills Siswa. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences. ISSN 2087-4839
![]() |
Text
110-123(3636)ike.pdf Download (620kB) |
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan efektivitas program pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran ExPRessionuntuk meningkatkan keterampilan sistem berpikir siswa pada materi interferensi cahaya. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 dari salah satu SMA di Lampung Timur. Desain penelitian yang digunakan adalah Non-Equivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Instrumen tes berupa 7 soal esai yang mengakomodasi tujuh indikator kemampuan berpikir sistem, yaitu: 1) mengeksplorasi berbagai sudut pandang; 2) mempertimbangkan permasalahan secara tepat; 3) menetapkan batasan; 4) unsur pembeda dan pengukur; 5) mengidentifikasi dan mengkarakterisasi hubungan; 6) mengidentifikasi dan mengkarakterisasi umpan balik; 7) menjelaskan dan memprediksi perilaku sistem. Teknik analisis data menggunakan data deskriptif dan parametrik dengan menggunakan Independent Sample T-Test dan N-gain. Hasil Uji Independent Sample T-Test menunjukkan bahwa Sig. (2-tailed) posttest 0,001 kurang dari 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata skor keterampilan berpikir sistem siswa pada kelas eksperimen dan kontrol setelah diberikan perlakuan. Peningkatan keterampilan berpikir sistem siswa pada kelas eksperimen yang melaksanakan program pembelajaran dengan model Pembelajaran ExPRessionsebesar 0,6 termasuk dalam kategori sedang, lebih signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional yaitu sebesar 0,2 dengan kategori rendah
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Depositing User: | KARTINI HE KH |
Date Deposited: | 30 Apr 2025 01:46 |
Last Modified: | 30 Apr 2025 01:46 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/54503 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |