Rusman, Tedi and Mutiasari Nur Wulan, Mutiasari N.W and Fanni Rahmawati, Fanni and Sandi, Galuh (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN INFERENSIAL STATISTIKA MELALUI PENDEKATAN MENTORING MAHASISWA PENDIDIKAN IPS FKIP UNILA. JURNAL PENGABDIAN SOSIAL INDONESIA (Journal of Indonesian Social Service), 4 (3). pp. 121-127. ISSN 2775-7358
Text
32667-85356-1-PB.pdf Download (338kB) |
Abstract
Mahasiswa tingkat akhir sering menghadapi kendala yang cukup berarti dalam proses penyusunan tugas akhirnya, terutama pada tahap interpretasi dan pengolahan data penelitian. Kendala utama yang ditemukan adalah keterbatasan pengalaman penelitian, minimnya pengetahuan tentang program statistika, dan kesulitan dalam mengoperasikan perangkat lunak statistika. Layanan ini bertujuan untuk memberikan pendampingan guna meningkatkan kemampuan inferensial statistika mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Lampung. Metode yang digunakan adalah brainstorming yang dilakukan melalui tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan pelaporan. Kegiatan pendampingan dirancang untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam penerapan statistika inferensia dan penggunaan program statistika. Evaluasi dilakukan dengan mengukur tingkat kemampuan peserta dalam memahami teknis pelaksanaan program pendampingan dan kesiapan melakukan penelitian lapangan. Hasil layanan menunjukkan bahwa pendekatan pendampingan efektif dalam membangun pemahaman, keterampilan, dan sikap profesional mahasiswa dalam mengolah data penelitian. Luaran yang diharapkan adalah meningkatnya kompetensi mahasiswa dalam mengintegrasikan pengetahuan statistika dengan praktik penelitian yang lebih komprehensif dan akurat. Kata Kunci: Kemampuan Inferensial Statistika, Pendekatan Mentoring, Pengolahan Data Penelitian
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | S.Pd.,M.Pd Rahmawati Fanni |
Date Deposited: | 30 Dec 2024 07:25 |
Last Modified: | 30 Dec 2024 07:25 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/54383 |
Actions (login required)
View Item |