Halim, Abdul and Lestari, Nur Indah and Saputra, Cheri and rusdiani, atik and Miswar, dedi and Siswanto, Edi PELATIHAN MARKETING ONLINE BAGI ISTRI PARA NELAYAN DALAM PEMASARAN HASIL LAUT PADA MASYARAKAT PESISIR UNTUK MEMBANTU PENINGKATAN KESEJAHTERAAN EKONOMI KELUARGA. JURNAL PENGABDIAN SOSIAL INDONESIA (Journal of Indonesian Social Service). ISSN 2775-7358
Text
31168-81712-2-PB.pdf Download (237kB) |
Abstract
ABSTRAK Kabupaten Pesisir Barat Provinsi Lampung merupakan wilayah yang berhadapan langsung dengan samudera Hindia, hal ini menjadikan sebagian masyarakat memiliki mata pencaharian sebagai nelayan, dalam kehidupan rumah tangga nelayan, peran istri memiliki peran yang signifikan. Selain bertanggung jawab dalam mengelola rumah tangga dan keluarga, istri juga diharapkan untuk menjalankan tugas�tugas yang adaptif guna mendukung kelangsungan ekonomi keluarga. Informasi ini diperoleh dari hasil Pengabdian yang menggunakan metode pengumpulan data dan wawancara sebagai sumber data primer, serta data resmi dari kantor desa dan kecamatan sebagai sumber data sekunder. Tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang strategi pemasaran digital yang efektif dan sesuai dengan kondisi sosial, ekonomi, dan teknologi di Kabupaten Pesisir Barat kepada paraistri nelayan. Metode yang diterapkan mencakup pelatihan dan workshop dengan pendekatan praktis dan partisipatif. Materi pelatihan mencakup pengenalan tentang pemasaran digital, pembuatan akun media sosial dan marketplace, strategi content marketing, social media marketing, serta pengukuran dan evaluasi kinerja pemasaran digital. Pelatihan juga melibatkan simulasi dan praktik langsung penggunaan teknologi digital dan media sosial. Kata Kunci: Teknologi Digital, Media Sosial, Istri nelayan, Pemasaran Digital ABSTRACT Pesisir Barat Regency, Lampung Province is an area that directly faces the Indian Ocean, this means that some people have a livelihood as fishermen. In the lives of fishermen's households, the role of the wife has a significant role. Apart from being responsible for managing the household and family, wives are also expected to carry out adaptive tasks to support the family's economic continuity. This information was obtained from the results of Community Service which used data collection and interview methods as primary data sources, as well as official data from village and sub-district offices as secondary data sources. The aim of this service is to provide understanding and knowledge about digital marketing strategies that are effective and in accordance with social, economic and technological conditions in Pesisir Barat Regency to the fisherman's wife. The methods applied include training and workshops with a practical and participatory approach. The training material includes an introduction to digital marketing, creating social media and marketplace accounts, content marketing strategies, social media marketing, as well as measuring and evaluating digital marketing performance. Training also involves simulations and direct practice in the use of digital technology and social media. Keywords: Digital Technology, Social Media, Fisherman's wife, Digital Marketing
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HJ Public Finance H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi PPKN |
Depositing User: | M.Pd. Abdul Halim |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 06:09 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 06:09 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/54229 |
Actions (login required)
View Item |