Suyanto, Edi and Fuad, Muhammad (2021) Strategi menulis kreatif dalam pembelajaran daring siswa SMP di Kabupaten Pringsewu tahun 2020. AKSARA: Jurnal Bahasa dan Sastra, 22 (1). pp. 105-115. ISSN 2620-3928
Text
2021-EDI SUYANTO DAN MUHAMMAD FUAD-AKSARA-1.pdf Download (655kB) |
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan menganalisis strategi yang digunakan siswa dalam menulis kreatif melalui pembelajaran daring, serta kendala yang dihadapi siswa Kelas VIII SMP di Kabupaten Pringsewu Tahun 2020. Penelitian ini menggunakan metode deskripstif kualitatif, berupa studi kasus. Sumber data berupa proses menulis, termasuk guru dan hasil pembelajaran. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 29 siswa, yang ditentukan secara purposif, khususnya siswa yang memiliki kemampuan menulis dengan kategori sepuluh terbaik di sekolahnya. Hasil penelitian menunjukkan keseluruhan siswa dominan menggunakan strategi dalam menulis kreatif, yakni sebanyak 71,55% dengan kategori baik. Strategi yang dilakukan siswa terkait dengan proses penulisan (79,31%), penetapan tujuan (48,28%), pengaturan waktu (58,62%), dan pemanfaatan bahan (100%). Untuk produk tulisan ditemukan rerata nilai siswa untuk semua komponen sebesar 77,75 (83,62%) dengan kategori baik. Selama proses penulisan ditemukan beberapa kendala, yakni 6,90% siswa kurang paham dalam hal menetapkan tujuan menulis dan 16,38% siswa kurang mampu mengelola waktu karena penulisan dilakukan di rumah (terlalu leluasa). Kata Kunci: Strategi menulis kreatif, pembelajaran daring, siswa SMP
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia |
Depositing User: | Edi Suyanto |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 03:56 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 03:56 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/54154 |
Actions (login required)
View Item |