Rohani, Rohani and Eka Kurniawati, Eka K (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA DIGITAL (STUDI KASUS DI SDN 1 TANJUNG RAJA GIHAM). Jurnal Tahsinia, Vol. 5 (No. 5). pp. 696-710. ISSN ISSN (e): 2797-5452 | ISSN (p): 2685-2047

[img] Text
JURNAL+3.pdf

Download (231kB)
Official URL: https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/ths/...

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh: 1) perkembangan zaman yang semakin maju, dimana survei mengatakan pengguna internet di Indonesia mencapai 213 juta orang pada tahun 2023. Jumlah ini setara 77 % dari total populasi warga Indonesia sebanyak 276,4 juta orang pada awal tahun 2023. 2) era digital membuat peserta didik dengan mudah menggunakan gadget untuk mengakses apapun yang ingin mereka lihat. 3) peran guru pendidikan agama Islam di era digital sangat diperlukan untuk menanamkan nilai-nilai agama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru pendidikan agama islam di era digital. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Dampak dari era digital saat ini bagi peserta didik di Di SDN 1 Tanjung Raja Giham meliputi beberapa perbuatan menyimpang seperti: bermain game yang berlebihan, pacaran, bullying dan menonton film porno yang mengakibatkan merosotnya nilai sekolah, namun hal ini bisa diminimalisir dengan cara menerapkan aturan yang mewajibkan semua handphone yang dibawa ke sekolah dikumpulkan di dalam box yang telah disediakan oleh guru mata pelajaran pertama atau wali kelas masing-masing. 2) Strategi atau tindakan guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam pada peserta didik meliputi: tindakan preventif, melalui tadarus di pagi hari sebelum memulai pelajaran pertama, sholat dhuha, sholat dzuhur, kultum dan rangkuman buku akidah akhlak mulia; tindakan represif, melalui bimbingan dan nasihat, menegakkan disiplin sekolah, penerapan sanksi dan pemanggilan orang tua; serta tindakan kuratif, melalui skorsing dan pengembalian siswa kepada orang tua. 3) Nilai-nilai agama Islam yang ditanamkan pada peserta didik meliputi: nilai I’tiqodiyah, melalui penanaman pembiasaan kultum, sholat dhuha dan sholat dzuhur berjamaah di sekolah; nilai Khuluqiyah, melalui penanaman sikap sopan santun, disiplin dan taat peraturan; dan nilai Amaliyah, melalui kegiatan tadarus di pagi hari sebelum memulai pelajaran pertama, sholat dhuhah, sholat dzuhur, kultum dan rangkuman buku akidah akhlak.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Hukum (FH) > Prodi Ilmu Hukum
Depositing User: Rohani M.Pd.I
Date Deposited: 12 Aug 2024 08:15
Last Modified: 12 Aug 2024 08:15
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/54043

Actions (login required)

View Item View Item