Wijaya, Agung Putra and Caswita, Caswita and Asnawati, Rini (2023) Hambatan Epistemologis Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Ruang Hasil Kali Dalam. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 11 (3). pp. 170-180. ISSN 2338-1183

[img] Text
Artikel JPM - Lengkap.pdf

Download (914kB)
Official URL: https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/arti...

Abstract

Kemampuan memecahkan masalah merupakan salah satu kompetensi penting yang harus dikuasai mahasiswa, termasuk masalah ruang hasil kali dalam yang ditemui pada perkuliahan Aljabar Vektor. Hanya saja, kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah pada konsep ini belum optimal. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan (1) hambatan epistimologis yang dihadapi mahasiswa dalam memecahkan masalah ruang hasil kali dalam dan (2) penyebab munculnya hambatan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi dengan melibatkan mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Matematika FKIP Universitas Lampung yang menempuh mata kuliah Aljabar Vektor. Subjek penelitian ini sebanyak enam mahasiswa yang dipilih dengan pertimbangan bahwa mahasiswa tersebut melakukan kesalahan dalam memecahkan masalah. Data penelitian ini dikumpulkan melalui teknis tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan metode perbandingan tetap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat enam hambatan epistimologis yang dialami mahasiswa dalam memecahkan masalah ruang hasil kali dalam dan tiga penyebab yang memicu hambatan tersebut. Hasil penelitian ini memberikan peluang penelitian selanjutnya dengan melakukan pengkajian terhadap scaffolding yang sesuai untuk mengatasi hambatan epistimologis mahasiswa dalam memecahkan masalah ruang hasil kali dalam dengan memperhatikan penyebab pemicu hambatan tersebut.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: AGUNG PUTR
Date Deposited: 28 Jun 2024 01:14
Last Modified: 28 Jun 2024 01:14
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/53937

Actions (login required)

View Item View Item