Suryadinata, Nurain and Haikal, Luthfi Azmi and Asnawati, Rini (2024) Media Geogebra dan Kertas Berpetak untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dalam Situasi Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 12 (1). pp. 39-53. ISSN 2338 - 1183

[img] Text (Article)
29797 - Published Version
Restricted to Registered users only until 28 June 2024.
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (27kB) | Request a copy
Official URL: https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Geogebra dan kertas berpetak terhdap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dalam situasi Discovery Learning. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 2 Seputih Agung sebanyak 151 siswa yang terdistribusi dalam lima kelas. Sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh dua kelas. Desain penelitian yang digunakan adalah the randomized pretest-posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari instrumen tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang sudah memenuhi kriteria valid dan reliabel. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji Mann-Whitney U dengan α = 0,05 diperoleh kesimpulan bahwa pada pembelajaran menggunakan model discovery learning, peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa di kelas yang menggunakan media Geogebra lebih tinggi dibandingkan media kertas berpetak.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurain suryadinata
Date Deposited: 27 Jun 2024 08:52
Last Modified: 27 Jun 2024 08:52
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/53924

Actions (login required)

View Item View Item