Nelly, Astuti and Frida Destini, Frida and Fadhilah, Khairani and Ika, Wulandari U.T and Amrina, Izzatika (2022) Pelatihan Pembuatan Penelitian Tindakan Kelas pada Guru-Guru SD Kecamatan Kota Gajah Lampung Tengah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidkan UNILA (JPMIP), 1 (1). ISSN 2963-105X

[img] Text
Artikel Pengabdian PTK.pdf

Download (232kB)
Official URL: http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPMIP/h...

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ditujukan untuk mencari solusi terhadap masalah sosial. PTK dilakukan dengan diawali oleh suatu kajian terhadap masalah tersebut secara sistematis. Hasil kajian ini kemudian dijadikan dasar untuk mengatasi masalah tersebut. Dalam proses pelaksanaan rencana yang telah disusun, kemudian dilakukan suatu observasi dan evaluasi yang hasilnya dipakai sebagai masukan untuk melakukan refleksi atas apa yang terjadi pada tahapan pelaksanaan. Hasil dari proses refleksi ini kemudian melandasi upaya perbaikan dan penyempurnaan rencana tindakan berikutnya. Tahapan di atas dilakukan berulang-ulang dan berkesinambungan sampai suatu kualitas keberhasilan dapat tercapai. Kegiatan pengabdian yang dilakukan dengan tujuan memahami dan mengetahui tentang apa dan bagaimana PTK serta memahami pelaksanaan PTK dan mampu melaksanakannya. Sebagai sasaran yaitu guru-guru sekolah dasar yang berlokasi Kecamatan Kotagajah. Metode yang digunakan yaitu metode ceramah, metode tanya jawab, dan metode pemberian contoh. Kondisi yang diharapkan setelah adanya pengabdian ini adalah terjadi peningkatan pemahaman dan pengetahuan guru mengenai apa dan bagaimana PTK, apa dan bagaimana pembuatan dan pelaksanaan PTK.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: M.Pd Frida Destini
Date Deposited: 26 Jun 2024 09:46
Last Modified: 26 Jun 2024 09:46
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/53910

Actions (login required)

View Item View Item