Nurwahidin, Muhammad and izzatika, amrina and Perdana, Dayu Rika (2024) PENGARUH MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. PENGARUH MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SEKOLAH DASAR, 5 (1). pp. 17-23. ISSN 2722-4899

[img] Text
3211-Article Text-13390-2-10-20240121.pdf

Download (292kB)
Official URL: https://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/JPM/arti...

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik peserta didik kelas IV di SD Negeri 3 Bumi Waras dikarenakan pada proses pembelajaran pendidik belum menyedikan media pembelajaran yang kreatif serta inovatif sehingga peserta didik kurang terlibat aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media powerpoint terhadap hasil belajar tematik peserta didik. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain penelitian menggunakan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini terdiri dari 76 peserta didik kelas IV. Sampel penelitian sebanyak 50 peserta didik yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu observasi, dokumen serta tes. Analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh media powerpoint terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri 3 Bumi Waras Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Unnamed user with email dayurika.perdana@fkip.unila.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2024 09:57
Last Modified: 24 Jun 2024 09:57
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/53850

Actions (login required)

View Item View Item