Profithasari, Nindy and Destini, Frida and Citra, Dela Nowinda (2024) PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATA PELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR. Biochephy: Journal of Science Education, 4 (1). pp. 337-342. ISSN P-ISSN: 2798-1126, E-ISSN: 2798-0472

[img] Text
Artikel Biochephy.pdf

Download (119kB)
Official URL: https://journal.moripublishing.com/index.php/bioch...

Abstract

Masalah pada penelitian adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas 5 pada mata pelajaran IPA. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode quasi experimental design yang melibatkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan observasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh dengan sampel 50 siswa. Data dianalisis dengan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas 5 pada mata pelajaran IPA.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Unnamed user with email nindy.profithasari@fkip.unila.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2024 09:57
Last Modified: 24 Jun 2024 09:57
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/53841

Actions (login required)

View Item View Item