wulandari utamining tias, ika and izzatika, amrina (2023) Pengaruh Kegiatan Intrakulikuler Terhadap Soft skills Mahasiswa PGSD. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7 (1). pp. 1-9. ISSN 2581-1835

[img] Text
24735.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (767kB)
Official URL: https://jurnal.uns.ac.id/jdc/article/view/64393

Abstract

Permasalahan dalam artikel ini adalah urgensi pendidikan soft skills bagi mahasiswa calon guru. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui pelatihan soft skill calon guru di kalangan mahasiswa program studi PGSD di Fakultas Keguruan Universitas Lampung. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung berjumlah 223 mahasiswa. Sampel dalam artikel ini adalah siswa peserta intrakurikuler yang berjumlah 69 siswa. Data diperoleh secara kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data angket. Hasil dari artikel ini dianalisis dengan statistik deskriptif yang dinyatakan dalam persentase. Berdasarkan analisis, temuan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kegiatan intrakurikuler terhadap pelatihan soft skill calon guru calon guru pada program pembelajaran PGSD di Fakultas Keguruan dan Ilmu Keguruan Universitas Lampung. Data menunjukkan bahwa koefisien korelasi rx1y adalah 0,851 dan koefisien determinan r2x1y adalah 0,723. Sebuah thitung dari 24,041 diperoleh setelah uji t. Hal ini lebih besar dari ttabel sebesar 1,9708. Kata kunci: Intrakurikuler, soft skills, mahasiswa PGSD

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Amrina Izzatika
Date Deposited: 24 Jun 2024 03:52
Last Modified: 24 Jun 2024 03:52
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/53823

Actions (login required)

View Item View Item