Riswanti, Rini and Riswandi, Riswandi and izzatika, amrina and wulandari utamining tias, ika (2023) The Effect of Post-Pandemic Transformational Leadership towards Learning Loss. Jurnal Pendidikan Progresif, 13 (2). pp. 560-567. ISSN 2550-1313

[img] Text
24754.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/jpp/arti...

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah permasalahan learning loss. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap penyelesaian learning loss. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMP Negeri di Bandar Lampung tahun 1997. Penelitian ini menggunakan cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 226 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan menggunakan skala Likert. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan koefisien korelasi Pearson. Temuan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap variabel kepemimpinan transformasional dapat menyelesaikan permasalahan learning loss dengan pengaruh yang positif. Besar pengaruh Kepemimpinan terhadap penanganan learning loss sebesar 9,7%, sedangkan 90,3% dipengaruhi oleh variable lainnya yang tidak diteliti. Kesimpulan: Terdapat pengaruh yang positif kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap penyelesaian masalah learning loss.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Amrina Izzatika
Date Deposited: 24 Jun 2024 03:52
Last Modified: 24 Jun 2024 03:52
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/53822

Actions (login required)

View Item View Item