Jalmo, Tri and Lengkana, Dewi and Diawati, Chansyanah and Fadiawati, Noor (2024) Pelatihan Penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik Berdiferensiasi bagi Guru IPA SMP Kabupaten Lampung Selatan. Ruang Pengabdian: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3 (2). pp. 83-91. ISSN ISSN: 2798-9453 (Online), ISSN: 2807-2251 (Print)

[img] Text
7. Artikel PkM_Tri Jalmo.pdf

Download (890kB)
Official URL: https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPKM

Abstract

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta tentang kurikulum Merdeka dan keterampilan mengembangkan pembelajaran bediferensiasi, khususnya LKPD berbasis proyek. Pelatihan diikuti oleh 26 orang guru IPA SMP yang tergabung dalam MGMP IPA SMP Kabupaten Lampung Selatan. Pelatihan menggunakan strategi scaffolding. Langkah yang digunakan adalah the teacher does it dan the group does it. Sebelum pelatihan, peserta diminta melakukan self assessment tentang pemahaman pada kurikulum Merdeka dan kterampilannya mengembangkan LKPD berdiferensiasi. Selanjutnya peserta secara klasikal akan dibimbing pelatih (the teacher does it) dan berinteraksi dengan teman-teman dalam satu kelompok (the group does it). Hasil pelatihan menunjukkan bahwa pemahaman peserta tentang kurikulum Merdeka mengalami peningkatan. Setelah pelatihan jumlah peserta yang pemahamannya “sangat baik” meningkat 11,54 %, “baik” meningkat 19.23%. LKPD yang dihasilkanpun telah memenuhi kriteria “baik”, sehingga dapat disimpulkan bahwa pelatihan ini mampu meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta dalam mengem-bangkan keterampilan LKPD berdifrernsiasi. Kata Kunci: LKPD; pembelajaran berdiferensiasi; strategi scaffolding

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Keguruan IPA
Depositing User: Dr., M.Si. Noor Fadiawati
Date Deposited: 21 Jun 2024 08:10
Last Modified: 21 Jun 2024 08:10
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/53807

Actions (login required)

View Item View Item