Hariyanto, Hariyanto and Supriyadi, Supriyadi and Nelly, Astuti (2024) Hubungan Intensitas Belajar dan Lingkungan Sekolah dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Inovatif (JUPIN), 4 (2). pp. 225-234. ISSN p-ISSN: 2808-148X e-ISSN: 2808-1366
Text
Artikel jupin-140-id288-hariyanto-225-234.pdf Download (605kB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah peserta didik memiliki intensitas belajar yang rendah, lingkungan sekolah yang kurang maksimal dan rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Gugus Dokter Wahidin Sudiro Husodo Kecamatan Metro Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hubungan antara intensitas belajar dan lingkungan sekolah dengan hasil belajar peseta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ex-post facto korelasi. Populasi berjumlah 101 orang peserta didik dengan sampel berjumlah 84 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket (kuesioner), dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan product moment correlation dan multiple correlation didapat korelasi sebesar 0,707 dengan kontribusi sebesar 49,98%. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara intensitas belajar dan lingkungan sekolah dengan hasil belajar peseta didik kelas V SD Negeri Gugus Dokter Wahidin Sudiro Husodo Kecamatan Metro Barat. Kata Kunci: Hasil Belajar, Intensitas Belajar, Lingkungan Sekolah
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Intensitas Belajar, Lingkungan Sekolah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Keguruan Guru SD |
Depositing User: | Unnamed user with email hariyanto@fkip.unila.ac.id |
Date Deposited: | 21 Jun 2024 02:15 |
Last Modified: | 21 Jun 2024 02:15 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/53772 |
Actions (login required)
View Item |