Ridho, Sholehurrohman and Mochammad, Reza Habibi and igit, Sabda Ilman and Rahman, Taufik and Muhaqiqin, Muhaqiqin (2023) Analisis Metode Kalman Filter, Particle Filter dan Correlation Filter Untuk Pelacakan Objek. Komputika: Jurnal Sistem Komputer, 12 (2). pp. 21-28. ISSN 2655-3198

[img] Text
8. Analisis Metode Kalman Filter Particle Filter dan Correlation Filter Untuk Pelacakan Objek - Komputika Print 5x.pdf

Download (810kB)
Official URL: https://ojs.unikom.ac.id/index.php/komputika/artic...

Abstract

Pelacakan objek merupakan hal yang menantang dalam computer vision. Pelacakan objek dibagi menjadi dua, yaitu bisa berupa satu objek atau beberapa objek, tergantung pada objek yang sedang diamati. Proses dalam pelacakan objek berupa satu objek adalah memperkirakan target pada urutan setelahnya berdasarkan informasi dari frame pertama yang diberikan. Dalam pelacakan objek berupa single object tracking, Ada lima langkah yang sering digunakan dalam metode diskriminatif, diantaranya model gerak, ekstraksi ciri, model observasi, pembaruan model dan metode integrasi. Meskipun berbagai algoritma dari pelacakan objek diusulkan, masih terdapat kegagalan dalam proses pelacakan objek yang disebabkan oleh oklusi, deformasi target yang non-rigid, dan faktor lainnya. Penelitian ini mengusulkan implementasi metode kalman filter, particle filter, dan correlation filter untukpelacakan objek pada data video. Hasil implementasi ketiga metode tersebut dapat melacak objek pada data video lalu lintas dan video sirkuit naskar. Dalam kalkulasi tracking objek dan analisis metode, Kalman filter mendapatkan 96,89% dimana metode Kalman lebih baik dari segi akurasi dibandingkan dengan metode lainnya. Sedangkan dalam performansi rata-rata waktu komputasi, metode korelasi mendapatkan 26,69 FPS, dimana metode korelasi lebh unggul dibanding metode kompetitor lainnya.

Item Type: Article
Additional Information: -
Uncontrolled Keywords: Kalman Filter; Partikel Filter; Correlation Filter; Pelacakan Objek; Pelacakan Objek Dalam Video.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Depositing User: Unnamed user with email ridho.sholehurrohman@fmipa.unila.ac.id
Date Deposited: 19 Jun 2024 08:47
Last Modified: 19 Jun 2024 08:47
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/53724

Actions (login required)

View Item View Item