Maesa, Jeni Wulandari and Roslina, Roslina (2024) The Influence of Influencer Credibility on the Intention to Visit a Culinary Event in Bandar Lampung. MULTIPLE: Journal of Global and Multidisciplinary, 2 (5). pp. 1573-1584. ISSN 2988-7828

[img]
Preview
Text
4+Jennie+Anggraeni+Maesa+et+al+1573-1584.pdf

Download (835kB) | Preview
Official URL: https://journal.institercom-edu.org/index.php/mult...

Abstract

Perkembangan bisnis di Indonesia saat ini dapat dianggap sangat pesat dalam sektor kuliner atau makanan, hal ini membuat para pelaku bisnis menghadirkan berbagai konsep kuliner baru yang menggabungkan tradisi dengan inovasi, yaitu dengan mengadakan acara atau festival kuliner. Acara tersebut harus melakukan kegiatan promosi untuk menarik pengunjung agar membeli dan mengunjungi acara kuliner tersebut. Di era ini, influencer media sosial memainkan peran penting dalam pemasaran dengan memperkenalkan produk kepada pengikut mereka. Seorang influencer harus memiliki kredibilitas agar dapat menarik minat dari pengikutnya sehingga mereka memiliki niat untuk mengunjungi produk yang dipromosikan. Penelitian ini menganalisis pengaruh kredibilitas influencer @kuliner_lampung yang memiliki kepercayaan, keahlian, kesamaan, dan daya tarik terhadap niat untuk mengunjungi acara kuliner di Bandar Lampung dengan studi pada pengikut Instagram @Kuliner_Lampung. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari hasil jawaban responden yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah 133 responden, diambil menggunakan metode Nonprobability Sampling dengan teknik Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis parsial (uji-t). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan, keahlian, kesamaan, dan daya tarik pada influencer @kuliner_lampung memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat untuk mengunjungi acara kuliner di Bandar Lampung.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Prodi Manajemen
Depositing User: Roslina Roslina .
Date Deposited: 30 May 2024 09:48
Last Modified: 30 May 2024 09:48
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/53528

Actions (login required)

View Item View Item