Sinaga, Etro Jaya and Hertanto, Hertanto (2023) Efektivitas Media Sosial dalam Upaya Peningkatan Kepercayaan Masyarakat terhadap Transparansi Perekrutan Badan Adhoc Pemilu 2024. Muqoddimah: Jurnal Ilmu Sosial, Politik dan Humaniora, 7 (2). pp. 622-626. ISSN 2598-6236

[img]
Preview
Text
Sinaga, E.J & Hertanto. 2023. Efektifitas Medsos_Muqodimah.pdf

Download (214kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/muqoddimah...

Abstract

Transparansi merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kepercayaan public terhadap sebuah lembaga pemerintahan, termasuk lembaga Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lebong. Untuk meningkatkan rasa kepercayaan public dalam perekrutan Badan Adhoc untuk Pemilu 2024, media social menjadi media untuk melaksanakan transparansi yang dipengaruhi oleh beberapa indikator yang meliputi penyediaan informasi yang jelas, kemudahan akses informasi, adanya suatu mekanisme pengaduan, dan meningkatkan arus informasi melalui kerjasama dengan media massa dan lembaga non pemerintah. Penelitian ini dilakukan untuk melihat efektifitas media social yang digunakan terhadap kepercayaan masyarakat terhadap proses seleksi perekrutan Badan Adhoc Pemilu 2024. Informan untuk penelitian ini terdiri dari 20 orang dengan metode penelitian yang digunakan dengan metode deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data berdasarkan hasil wawancara dan informasi dari informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media social berpengaruh dan efektif dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap transparansi seleksi perekrutan Badan Adhoc Pemilu 2024 yang dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Lebong.

Item Type: Article
Subjects: J Political Science > JQ Political institutions Asia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) > Prodi Magister Ilmu Pemerintahan
Depositing User: HERTANTO
Date Deposited: 08 Mar 2024 09:07
Last Modified: 08 Mar 2024 09:07
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/53344

Actions (login required)

View Item View Item