Roy Kembar Habibi, RKH and Maman Surahman, MS and Deviyanti, pangestu (2023) PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA GENERASI DIGITAL BAGI MAHASISWA UNIVERSITAS LAMPUNG. PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA GENERASI DIGITAL BAGI MAHASISWA UNIVERSITAS LAMPUNG, 9 (9). pp. 275-296. ISSN 2685-1679

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
Artikel Roy Kembar Habibi.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Per-review.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
korespondensi.pdf

Download (640kB) | Preview
Official URL: https://jurnal.padhaku.ac.id/index.php/sinau

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjawab permasalahan bagaimana deskripsi penguatan pendidikan karakter di lingkungan pendidikan tinggi, bagaimana penerapan pendidikan karakter di lingkungan pendidikan tinggi serta apa saja indikator kemajuan dan daya saing bangsa setelah penerapan pendidikan karakter di lingkungan pendidikan tinggi. Penguatan pendidikan karakter di era digital bagi mahasiswa universitas lampung. Melalui pendidikan Karakter yang diberikan oleh dosen diruanglingkup kampus, mahasiswa akan menjadi lebih memahami apa saja karakter yang perlu dimiliki oleh mahasiswa di lingkungan kampus. Melalui penguatan pendidikan karakter apalagi di era digital diharapkan mahasiswa tidak lupa karakter yang baik yang perlu diimplementasikan pada ruang lingkup kampus. Metode penelitian ini menggunakan metode library research. Pengumpulan data penelitian dengan metode library research dilakukan dengan memanfaatkan sumber dan bahan kepustakaan. Hasil Penelitian tentang penguatan pendidikan karakter di era digital yaitu dengan perkembangan digital diharapkan mahasiswa tidak lupa untuk mengimplemantasikan niali-nilai karakter, mahasiswa mampu mengimbangi terkait perkambangan digital dan pendidikan karakter diruang lingkup Universitas. Dalam penerapannya, pendidikan karakter dapat dilakukan dengan model-model pendekatan pengembangan rasional, pendekatan pertimbangan, pendekatan klarifikasi nilai, pendekatan moral kognitif, pendekatan sikap afektif, serta pendekatan perilaku sosial. Lingkungan pendidikan tinggi dalam konteks pendidikan karakter mempunyai peran dan fungsi sangat penting karena posisi sentralnya dalam menyiapkan generasi muda.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Unnamed user with email roy.habibi@fkip.unila.ac.id
Date Deposited: 27 Feb 2024 06:52
Last Modified: 27 Feb 2024 06:52
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/53280

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item