Nindy Profithasari, Nindy and Loliyana, Loliyana and Jody Setya Hermawan, Jody and Frida Destini, Frida and Khairunnisa Okta Melina Fadila, Okta (2023) Hubungan Pola Asuh dan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Didaktika, 3 (1). pp. 1-7. ISSN 2775-9024

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
51254-125730-1-PB_2.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bukti Korespondensi Jurnal Didaktika.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Peer Review artikel.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https://ejournal.upi.edu/index.php/didaktika

Abstract

Kemampuan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dapat diketahui dari hasil belajarnya. Hasil belajar peserta didik dapat dipengaruhi oleh faktor internal maupun eksternal. Salah satu dari faktor eksternal yang mempengaruhi hasil belajar adalah pola asuh orang tua dan disiplin belajar. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hubungan antara pola asuh orang tua dan disiplin belajar dengan hasil belajar peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto dengan desain korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 171 peserta didik, dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 66 peserta didik yang ditentukan dengan teknik proportionate stratified random sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui dokumentasi, wawancara, dan angket. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan korelasi Product Moment dan Multiple Correlation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dan disiplin belajar dengan hasil belajar dengan koefisien korelasi sebesar 0,641 yang berada pada taraf “tinggi”. Dengan hasil ini dapat disimpulkan bahwa pola asuh orang tua dan disiplin belajar memiliki hubungan yang erat dengan hasil belajar di sekolah dasar.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Unnamed user with email nindy.profithasari@fkip.unila.ac.id
Date Deposited: 27 Feb 2024 06:51
Last Modified: 27 Feb 2024 06:51
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/53275

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item