Rima, Ayu (2022) INTERAKSI EDUKATIF GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MEMBANGUN SIKAP KESALEHAN SOSIAL PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Potensia Jurnal Kependidikan Islam, 8 (1). pp. 1-16. ISSN 2442-5605

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
artikel jurnal sinta 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Penilaian Reviewer R1 dan R2.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/potensi...

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya kesenjangan antara pemahaman agama dengan praktiknya dalam kehidupan sehari-hari. Banyak ditemukan orang yang beragama secara individu saleh tapi tidak dengan kesalehan sosialnya. Penelitian ini memfokuskan kepada interaksi edukatif guru PAI dan implikasinya terhadap sikap kesalehan sosial peserta didik. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan sosiologi pendidikan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan data penelitian dianalisis menggunakan analisis kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data, verivikasi, dan kesimpulan. Adapun uji keabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi data, yaitu triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan triangulasi waktu. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi edukatif guru PAI Sekolah Menengah Atas memberikan implikasi terhadap pembangunan sikap kesalehan sosial peserta didik yang tercermin dalam sikap saling menyayangi, dermawan, saling menghormati, adil, menjaga persaudaraan, menegakkan kebenaran, tolong-menolong, dan musyawarah

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Depositing User: Unnamed user with email rima.yuni@fkip.unila.ac.id
Date Deposited: 23 Feb 2024 09:53
Last Modified: 23 Feb 2024 09:53
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/53247

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item