Jody Setya Hermawan, Jody and RAPANI, RAPANI and ASTUTI, NELLY and rohman, fatkhur and Nindy Profithasari, Nindy (2024) Hubungan Kebiasaan Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Hubungan Kebiasaan Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik, 8 (1). pp. 39-47. ISSN 2597-4440

[img]
Preview
Text
46150-145626-1-PB_2.pdf

Download (660kB) | Preview
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/JIKAP/article/view/46150

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ex-postfacto korelasi. Populasi berjumlah 60 peserta didik, serta dijadikan sampel penelitian. Instrumen pengumpul data angket dengan skala likert. Analisis data menggunakan korelasi product moment. Disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dan perhatian orang tua terhdap hasil belajar matematika ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,575 berada pada taraf “cukup kuat” dengan kontribusi variabel X1, X2, terhadap Y sebesar 33%. Hal ini berarti kebiasaan belajar dengan perhatian orang tua memberi pengaruh sebesar 33% terhadap hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan terkait hubungan kebiasaan belajar dan perhatian orang tua dengan hasil belajar matematika peserta didik. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dan perhatian orang tua dengan hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Negeri Se-Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Seputih Agung.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Jody Setya Hermawan
Date Deposited: 21 Feb 2024 10:50
Last Modified: 21 Feb 2024 10:50
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/53237

Actions (login required)

View Item View Item