Suyatna, Agus (2017) Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Wahana Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir, Bersikap, dan Bertindak Ilmiah. In: Prosiding Seminar Nasional: Membangun Guru Pendidikan Dasar Yang Profesional dan Berkarakter. Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Jakarta, pp. 1-20. ISBN 978-602-61646-1-2

[img] Text
01. AGUS SUYATNA utk semnas II dikdas-2017.pdf

Download (376kB)
Official URL: http://kesharlindungdikdas.id

Abstract

Tantangan global dan pesatnya perkembangan iptek dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat, menuntut warga masyarakat mempunyai kemampuan berpikir kritis, kreatif, peduli terhadap lingkungan hidup, adaptif terhadap kemajuan teknologi, dan dapat mengembangkan teknologi. Tuntutan kemampuan masyarakat di masa depan diantaranya dapat dipenuhi melalui pembelajaran IPA di sekolah. Pada makalah ini akan dikaji bagaimana pembelajaran IPA yang dapat dijadikan wahana untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bersikap, dan bertindak ilmiah. Kajian dilakukan melalui hasil-hasil penelitian penulis maupun hasil-hasil penelitian para peneliti lain. Berdasarkan hasil kajian dapat disimpulkan, untuk dapat membangun kemampuan berpikir, bersikap, dan bertindak ilmiah melalui pembelajaran IPA perlu membelajarkan IPA dengan pendekatan, model pembelajaran, dan metode yang sesuai dengan hakekat IPA, diantaranya pendekatan saintifik, model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran siklus belajar. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang tepat dapat meningkatkan hasil belajar IPA, melatih keterampilan proses sains, membentuk sikap dan menumbuhkan keyakinan seseorang terhadap kebesaran penciptanya serta mengatasi kekurangan peralatan laboratorium IPA.

Item Type: Book Section
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Depositing User: Prof. Dr. Agus Suyatna
Date Deposited: 16 Nov 2017 06:57
Last Modified: 16 Nov 2017 06:57
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/5310

Actions (login required)

View Item View Item