Ati, Yuniati and Nurmayani, Nurmayani and Upik, Hamidah and sepriyadi, adhan (2023) EDUKASI LITERASI PELAJAR SMA NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG DALAM PENYAMPAIAN PENDAPAT BERTANGGUNG JAWAB DI MEDIA SOSIAL. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat IAIN Ternate (Archipelago), 4 (2). pp. 67-74. ISSN 2963-7775
|
Text
Jurnal Archipelago.pdf Download (298kB) | Preview |
Abstract
Dalam menggunakan hak kebebasan mengemukakan pendapat, masyarakat harus memegang prinsip bebas dan bertanggung jawab. Bebas artinya bahwa segala ide, pikiran atau pendapat kita, dapat dikemukakan secara bebas tanpa tekanan dari siapa pun. Bertanggung jawab maksudnya bahwa ide, pikiran atau pendapat tersebut mesti dilandasi akal sehat, niat baik dan norma-norma yang berlaku. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab, yaitu pendapatnya harus disertai argumentasi yang kuat dan masuk akal. faktanya saat ini, beberapa kasus hukum kembali mencuat akibat penyalahgunaan media sosial sebagai ruang publik. Hal ini dikarenakan banyak masyarakat ataupun pengguna media sosial khusus nya pelajar tidak paham dengan aturan Undang-Undang No. 19 Taahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. selain itu banyak juga yang tidak mengerti cara menyampaikan pendapat di media sosial secara bijak tanpa melanggar peraturan perundang�undangan. Sasaran dalam kegiatan ini yaitu pelajar SMA serta para guru di lingkungan sekolah. Lokasi kegiatan akan dilaksanakan di salah satu ruang kelas/ aula sekolah. Setelah kegiatan ini selesai, hasil yang diharapkan dalam kegiatan ini yaitu agar pelajar memiliki pengetahuan dan pemahaman yang semakin baik mengenai cara dalam menyampaikan pendapat secara bertanggung jawab di media sosial.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum (FH) > Prodi Ilmu Hukum |
Depositing User: | ATI YUNIAT |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 04:34 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 04:34 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/53019 |
Actions (login required)
View Item |