Selvia, Oktaviana and Torkis, Lumban Tobing and Dwi Pujo, Prayitno and Elly, Nurlaili and Dita, Febrianto Efektivitas peendaftaran merek sebagai upaya perlindungan hukum bagi usaha makro kecil menengah (UMKM) di bandar lampung. LPPM, bandar lampung.

[img]
Preview
Text
LAPORAN HASIL DIPA FH 2023_Upload.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.lppm.unila.ac.id/

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Berdasarkan data dari Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung mencatat hingga akhir periode tahun 2022, jumlah usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mencapai 250 ribu yang tersebar di 15 kabupaten/kota. Sebanyak 250 ribu UMKM tersebut tersebar di 15 kabupaten/kota yang paling banyak di usaha kuliner berbahan baku pangan. Namun tidak semua mengerti mengenai pendaftaran merek UMKM. Berdasarkan data tersebut terlihat jumlah pertumbuhan UMKM yang pesat di Provinsi Lampung khususnya Kota Bandar Lampung. Permasalahan dalam penelitian ini adalah menganalisis efektivitas kesadaran hukum pelaku UMKM dalam mendaftarkan merek dagangnya Jika hasil penelitian ini telah ditaati oleh sebagian besar target maka dapat dikatakan bahwa aturan hukum tersebut efektif, namun jika belum maka peneliti akan melihat faktor-faktor penghambatnya. Penelitian ini adalah penelitian hukum normatif empiris. Metode pendekatan masalah yang digunakan adalah pendekatan perundang-undangan dan pendekatan perilaku. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder. Adapun pada metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara melakukan wawancara, kuisioner dan studi pustaka. Luaran pada penelitian ini adalah International Conference dan dapat diterbitkannya jurnal ilmiah melalui penelitian ini. Hasil penelitian ini adalah pendaftaran merek yang dilakukan oleh UMKM di Kota Bandara Lampung belum efektif, hal ini dikarenakan beberapa faktor antara lain :kurangnya informasi dan kesadaran hukum yang diterima pihak UMKM. Upaya yang harus dilakukan oleh pihak terkait adalah melakukan sosialisasi pada UMKm terkait pentingnya pendaftaran merek usaha, selain untuk perlindungan dan kepastian hukum, pelaku usaha juga akan dapat memasarkan produknya lebih luas dan mendapatkan kepercayaan konsumen/pasar.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pendaftaran Merek, UMKM
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum (FH) > Prodi Ilmu Hukum
Depositing User: selvia oktaviana
Date Deposited: 18 Dec 2023 08:09
Last Modified: 18 Dec 2023 08:09
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/52990

Actions (login required)

View Item View Item