Evizal, Rusdi and Prasmatiwi, Fembriarti Erry and ivayani, ivayani and Wibowo, Lestari and Rahmawati, Winda (2017) SEKOLAH LAPANG KAKAO UNTUK MENDORONG REHABILITASI KEBUN SECARA MANDIRI. In: Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Lampung, 4 November 2017, Bandar Lampung. (Submitted)

[img] Text
RusdiEvizalSemAbdi2017.pdf - Submitted Version

Download (500kB)

Abstract

Abstrak Produktivitas kakao di Kabupaten Tanggamus rendah antara lain karena areal perkebunan kakao yang berkategori tanaman rusak atau tanaman tidak menghasilkan mencapai 32%. Dengan mengikuti Sekolah Lapang Kakao petani belajar bagaimana meningkatkan keterampilan melalui pengamatan, analisis, dan penerapan ide baru di lahannya sendiri untuk meningkatkan produktivitas. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di Pekon Pematang Nebak dan sekitarnya di Kecamatan Bulok Kabupaten Tanggamus mulai dilaksanakan pada bulan April sampai November 2017 mengunakan metode Focus Group Discussion (FGD) dan Sekolah Lapang (SL)(FFS, Farmer Field School). Hasilnya disimpulkan bahwa: (1) kurikulum SL Kakao sesuai dengan kebutuhan spesifik petani dan kelompok tani sasaran terdiri dari 12 topik kurikulum, (2) SL kakao dilaksanakan setiap 2 minggu di lokasi yang berbeda sesuai dengan kesepakatan, (3) Hasil evaluasi proses diperoleh jumlah skor 12 yang menunjukkan tingkat partisipasi yang berkategori baik. Evaluasi hasil dipilih dari 10 indikator keterampilan menunjukkan angka jumlah skor 38 yang termasuk kategori baik, (4) Implementasi SL Kakao antara lain rehabilitasi kebun kakao, pembuatan kebun entres, pembibitan kakao unggul, dan replanting kakao secara bertahap. Kata kunci: Kurikulum, rehabilitasi, replanting, SL Kakao

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Pertanian (FP) > Prodi Agroteknolgi
Depositing User: Dr. Fembriarti Erry Prasmatiwi
Date Deposited: 16 Nov 2017 07:37
Last Modified: 16 Nov 2017 07:37
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/5287

Actions (login required)

View Item View Item