Saharani, Meriska and Roslina, Roslina (2023) PENGARUH FESTIVAL BELANJA DARING TERHADAP NIAT BELI MELALUI APLIKASI LAZADA INDONESIA. Journal of Economics and Business UBS, 12 (3). pp. 1695-1706. ISSN 2774-7042

[img]
Preview
Text
Jurnal_Meriska Saharani 1911011047.pdf

Download (245kB) | Preview
Official URL: https://jurnal.ubs-usg.ac.id/index.php/joeb/articl...

Abstract

Pertumbuhan jumlah pengguna internet memberikan peluang dan tantangan bagi perusahaan e-commerce untuk menarik niat beli konsumen. Festival belanja daring merupakan strategi yang dapat digunakan untuk menarik niat partisipasi konsumen dalam belanja daring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh strategi festival belanja daring Lazada terhadap niat beli konsumen melalui aplikasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan secara digital menggunakan metode purposive sampling Sampel pada penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian Lazada melalui aplikasi dan berniat melakukan pembelian saat festival belanja daring, dengan total 220 responden. Desain penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan analisis linear regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi massa yang menular, promosi harga yang menggiurkan, dan kekayaan kategori promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli. Sedangkan aktivitas promosi yang menyenangkan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli. Hasil R Square menunjukkan nilai 47,5%. Artinya, 52,5% variasi dalam niat beli dapat dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Prodi Manajemen
Depositing User: Roslina Roslina .
Date Deposited: 08 Nov 2023 01:35
Last Modified: 08 Nov 2023 01:35
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/52763

Actions (login required)

View Item View Item