Lisiswanti, Rika and oktaria, dwita and Indah sari, Merry and Yudho Prabowo, Arif (2017) Metode Small Group Learning Dalam Persiapan Ukmppd Nasional Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. JK Unila, Jurnal Kedokteran Universitas Lampung, 1 (3). pp. 1-5. ISSN 2527-3612 (In Press)

[img] Text
Rika L dkk JK Unila.pdf

Download (482kB)
Official URL: http://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/JK/is...

Abstract

Latar Belakang. Ujian kompetensi merupakan ujian untuk menguji kompetensi seseorang yaitu pengetahuan, keterampilan dan afektif. Ujian kompetensi untuk kedokteran adalah Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD). Ujian terdiri dari CBT (Computerized-Based Test) dan ujian Objective Structured Clinical Examination (OSCE). Ujian UKMPPD mempunyai dampak terhadap metode pendidikan kedokteran. Salah satunya adalah instansi pendidikan kedokteran menyiapkan mahasiswanya dalam dengan bimbingan Metode Penelitian. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan pre experimental. Yaitu mahasiswa diberikan pre-tes dan postes serta nilai CBT UKMPPD. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2017. Populasi adalah mahasiswa yang akan mengikuti Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) Februari 2017. Populasi sebanyak 68 orang. Sampel yang didapat 66 orang yang akan mengikuti ujian Computer-Based Test (CBT) UKMPPD, 2 orang tidak memenuhi syarat. Bimbingan dengan metodel Small Group Learning dalam bentuk diskusi dan membahas soal. Pada uji normalitas data didapatkan distribusi data pre-tes, pos-tes dan UKMPPD Nasional tidak normal yaitu nilai Kolmogorov-Smirnov p<0.05. Maka dilakukan uji Wilcoxon. Hasil. Nilai rata-rata pre-tes mahasiswa didapatkan 57,90. Nilai rata-rata pos-tes adalah 59,66 dan nilai rata-rata UKMPPD Nasional adalah 64.81. Uji beda antara pre-tes dan pos-tes adalah p=0.010, nilai ini <0.05 yang berarti terdapat perbedaan signifikan nilai antara nilai pre-tes dan pos tes. Uji beda antara pre-tes dan UKMPPD Nasional didapatkan p=0.001, nilai ini <0.05 hal ini berarti terdapat perbedaan signifikan. Uji beda antara nilai pos-tes dan nilai UKMPPD adalah p=0.00, <0.05, hal ini juga terdapat perbedaan yang signifikan. Simpulan. Terdapat perbedaan signifkan nilai sebelum dan sesudah bimbingan dengan small group learning. Keyword: mahasiswa kedokteran, small group learning, UKMPPD, ujian kompetensi

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: dr., MMedE Rika Lisiswanti
Date Deposited: 16 Nov 2017 04:22
Last Modified: 16 Nov 2017 04:22
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/5272

Actions (login required)

View Item View Item