Kagungan, dian and Zainal, Anna Gustina and Yulia Neta, Yulia and Rosalia, Feni (2023) Penguatan Kapasitas Kelembagaan Desa dan Kelompok Sadar Wisata melalui Kemitraan Strategis Aktor Heptahelix dalam Pengembangan Desa Wisata Kunjir Kabupaten Lampung Selatan. Seandanan: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 3 (1). pp. 15-23. ISSN 2798-0529

[img]
Preview
Text
03+Kagungan+dkk+15-23.pdf

Download (278kB) | Preview
Official URL: https://seandanan.fisip.unila.ac.id/index.php/sean...

Abstract

Pengembangan pariwisata di Propinsi Lampung hanya melibatkan beberapa aktor saja, cenderung berjalan sendiri- sendiri dan belum adanya regulasi tentang kerjasama serta belum memiliki tema sentral yang layak jual, termasuk memaksimalkan promosi dan pemasaran produk-produk pariwisatanya tidak terkecuali di Desa Kunjir, Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan. Pentingnya jalinan kerjasama yang sinergis antara pemerintah (sebagai regulator), academic (sebagai konseptor), bussiness (sebagai investor), local community (sebagai operator), media (sebagai promosi), non gvernment organization (sebagai educator) serta keterlibatan milenial (sebagai consumer) disebut Heptahelix. Konsep ini menawarkan keterlibatan NGO dan keterlibatan millenial, dalam pengembangan desa wisata Kunjir yang dikemas dalam kegiatan pengabdian masyarakat. Hasil pengabdian (1) aspek ketercapaian pelaksanaan pelatihan desa wisata Kunjir berada dalam kategori baik dimana ketercapaian target jumlah peserta pelatihan, ketercapaian tujuan pelatihan, ketercapaian target materi yang telah disiapkan dan kemampuan peserta dalam penguasaan materi berada dalam kategori baik, 80% (2) aspek perubahan pengetahuan kelompok khayalak telah terjadi perubahan ketiga indikator yang digunakan mengalami kenaikan dalam rentang 10% hingga 35%, Saran/rekomendasi yang penting dari kegiatan ini: (1) kegiatan dengan tema serupa lebih sering diadakanl; (2) perlunya dukungan dari Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan agar memberikan kesempatan kepada kelompok sadar wisata untuk mengikuti berbagai pelatihan mempelajari kesuksesan di daerah tujuan wisata lainnya; (3) perlunya inisiasi kerjasama yang sinergis dengan kalangan bisnis yang membantu pemasaran produk pariwisata.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) > Prodi Administrasi Negara
Depositing User: DIAN KAGUN
Date Deposited: 09 Oct 2023 01:16
Last Modified: 09 Oct 2023 01:16
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/52594

Actions (login required)

View Item View Item