Rosalia, Feni and Yulia Neta, Yulia and Kagungan, dian (2023) PEMAMPUDAYAAN KELOMPOK SADAR WISATAMELALUI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PENGEMBANGAN COMMUNITY CAPACITY DAN DIGITAL MARKETINGDESA WISATA DALAM RANGKA MEMBANGUN EKONOMI KREATIF BIDANG PARIWISATA. MITRA WARGA JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT FISIP UNIVERSITAS LAMPUNG, 2 (1). pp. 12-26. ISSN 2963-5624
|
Text
Jurnal+Feni+Rosalia.pdf Download (596kB) | Preview |
Abstract
Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini peningkatan kemampuan melalui pendidikan pelatihan dan pendampingan peningkatan kapasitas dalam rangka pengembangan pariwisata desa Kunjir Kabupaten Lampung Selatan.Target Khusus yang akan di capai : Memberikan pengetahuan melalui pendidikan/pelatihan dan pendampingan pengembangan comunity capacity/kapasitas komunitastermasuk kegiatan promosi/pemasaran produk-produk unggulan (digital marketing), melalui penguatan kapasitas kelompok sadar wisata dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan income dan kesejahteraanmasyarakat desa Kunjir serta publikasi pada jurnal pengbadian masyarakat. Hasil dari kegiatan ini adalah 1) Semakin meningkatnya kapasitas kelembagaan desa khususnya kelompok sadar wisata sebagai garda terdepandalam pengembangan wisata di Desa Kunjir melalui pelatihan yang mengambiltema Pemampudayaan Kelompok Sadar Wisata Melalui Pendidikan Dan Pelatihan Pengembangan Community Capacity Dan Digital MarketingDesa Wisata Dalam Rangka Membangun Ekonomi Kreatif Bidang Pariwisata. Dengan dilaksanaknny kegiatan ini diharapkan desa Kunjir menjadi salah satu tujuan destinasi wisata nasional, melalui promosi dan pemasaran Desa Wisata Kunjir yang semakin viral, dengan mengundang para youtuber, selebgram, travel vlogger, travel blogger, ataupun seseorang yang memiliki 3F (Followers, Fans, Friends) untuk berkunjung ke desa mereka. Hal ini termasuk dalam bagian digital influencer yang merupakan salah satu strategi komunikasi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. Kelompok masyarakat tersebut khususnya kaum muda nantinya akan mengunggah foto atau video mereka selama berada di desa wisata Kunjir dengan menyertakan komentar yang positif untuk membangun citra destinasi. 2) Kemampuan analisis peserta ini secara singkat dapat ditingkatkan terutama dalam aspek kognitif dan efektif. Secara kognitif rata-rata mengalami kenaikan tertinggi sekitar 40%dari kemampuan dasar peserta. 3) Antusiasme dan semangat peserta pelatihan merupakan salah satu indikator bahwa pelaksanaan kegiatan bisa di katakan “berhasil” dan adanya keinginan untuk tetap dilanjutkan di tahun yang akan datang tentu saja dengan tema yang berbeda sesuai kebutuhan masyarakat desa Kunjir. Adapun saran/rekomendasi yang penting dari kegiatan ini adalah :Perlunya bimbingan dan pendampingan secara berkelanjutan bagi kelompok sadar wisata (pokdarwis) dan karang taruna dalam rangka pengembangan potensi pariwisata Desa Kunjirterutama terkait dengan digital marketing dalam rangka pengembangan ekonomi kreatif Desa wizata Kunjir termasuk pemasaran dan promosinya.Kata kunci: pendidikan dan pelatihan, community capacity, digital marketing, desa wisata
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) > Prodi Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | DIAN KAGUN |
Date Deposited: | 09 Oct 2023 01:16 |
Last Modified: | 09 Oct 2023 01:16 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/52593 |
Actions (login required)
View Item |