Luerdi, Luerdi (2021) Foreign policy decision making: studi kasus kerjasama industri pertahanan Indonesia-Turki. OSF Preprints. pp. 1-13. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
DISKUSI TIHI.pdf

Download (541kB) | Preview

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk memahami pendekatan pembuatan keputusan politik luar negeri (foreign policy decision making) dalam mendeskripsikan unit penjelas (explanatory unit) pada kasus kebijakan luar negeri tertentu. Artikel ini mencoba mendeskripsikan studi kasus kerjasama industri pertahanan Indonesia dengan Turki dari tahun 2010 sampai 2018 yang meliputi pembuatan medium-tank, alat komunikasi militer, pengembangan pesawat, amunisi dan laras senjata, dan kapal selam. Pendekatan ini memiliki asumsi dasar bahwa tindakan internasional dapat didefinisikan sebagai sekumpulan keputusan-keputusan yang dibuat oleh unit-unit politik domestik dan para pemimpin negara baik individual ataupun kelompok bertindak sebagai aktor-aktor utama dalam proses pengambilan keputusan tersebut. Artinya pedekatan ini berupaya membuka kotak hitam yang dapat menjelaskan bagaimana proses pengambilan satu keputusan negara sampai kemudian diwujudkan ke dalam perilaku negara tersebut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Foreign policy decision making, William D. Coplin, kerjasama industri pertahanan, Indonesia-Turki
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Uncategorized
Depositing User: Mr Luerdi Luerdi
Date Deposited: 09 Oct 2023 01:14
Last Modified: 09 Oct 2023 01:14
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/52572

Actions (login required)

View Item View Item