Agustina, Anggun and Adha, Muhammad Mona and Mentari, Ana (2023) Pengaruh Literasi Digital Terhadap Etika Bermedia Sosial Peserta Didik. Mindset: Jurnal Pemikiran Pendidikan dan Pembelajaran, 3 (2). pp. 52-64. ISSN 2775-1228
|
Text
1696-Pengaruh Literasi Digital Terhadap Etika Bermedia Sosial Peserta Didik.pdf Download (368kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan melihat bagaimana Pengaruh Literasi Digital terhadap Etika Bermedia Sosial pada Peserta Didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini yakni peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lampung Utara. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 88 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini yakni menggunakan uji regresi sederhana dengan bantuan Statistical Product and Service Solutions versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara Literasi Digital terhadap Etika Bermedia Sosial sebesar 42,1%. Hal ini terihat dari tertanamnya pilar literasi digital pada diri peserta didik yang akan membawanya pada kualitas diri yang baik, seperti dalam etika bermedia sosial. Penerapan etika diruang digital dapat dipengaruhi oleh masing-masing dari diri individu, sehingga adanya penguasaan soft skill literasi digital. Sementara itu, sisahnya sebesar 57,9% dipengaruhi faktor lain selain literasi digital.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HM Sociology H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi PPKN |
Depositing User: | M.pd Ana Mentari |
Date Deposited: | 04 Aug 2023 08:57 |
Last Modified: | 04 Aug 2023 08:57 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/52341 |
Actions (login required)
View Item |