Oktiani, Hestin and Sulistyarini, Dhanik and Sarwoko, Sarwoko Respons user terhadap Content Website Pemerintah Kota Bandar Lampung ( Analisis terhadap Respons Dosen FISIP Unila sebagai user terhadap Content Website Pemerintah Kota Bandar Lampung). UNILA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
LAP RESPON USER WEBSITE.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Internet sebagai media baru memiliki berbagai keunggulan sebagai media penyampai pesan dari komunikator, baik bersifat personal maupun kelembagaan. Kehadiran dan penggunaan internet telah membawa perkembangan yang cukup signifikan pada berbagai lini kehidupan, pada level daerah, nasional, dan internasional. Pada level daerah,Pemerintah Kota Bandar Lampung juga telah memanfaatkan internet untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat, satu diantaranya dengan menggunakan website yaitu http://bandarlampungkota.go.id. Persoalan yang kemudian muncul adalah apakah website ini dikelola dengan baik dan menyajikan informasi yang berorientasi pada kepentingan public? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hal tersebut dengan menggali respon user website ini, yang dalam konteks penelitian ini adalah dosen di lingkungan FISIP Unila. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan 12 orang informan terpilih, obsevasi terhadap website, dan dokumentasi. Berdasarakan pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa respon user terhadap website Pemkot Bandar Lampung cenderung menilai banyaknya kekurangan pada website. Website Pemerintah Kota Bandar Lampung belum menerapkan secara optimal prinsip mengelola website yang baik karena masih terdapat link yang tidak aktif/tidak terisi, respon kontak informasi yang lambat dan seringkali off line,penataan penempatan informasi yang kaku dan membuat pengunjung kurang nyaman dalam membaca informasi, pemilihan warna yang kurang menarik dan membosankan. Meskipun website ini dinilai memiliki system navigasi yang mudah namun tujuan website untuk memberikan informasi dan pelayanan yang berorientasi kepada publik belum tercermin dengan baik pada informasi yang diberikan di dalam website. Informasi pada website Pemkot Bandar Lampung menyajikan informasi yang lama tidak diperbarui, informasi lebih banyak tentang rutinitas Pemkot Bandar Lampung, belum ada keunggulan yang berarti dibandingkan banyaknya kelemahan yang harus diperbaiki. Selain itu informasi yang disajikan juga kurang rinci dan masih sedikit informasi yang bersifat pelayanan publik pada kebutuhan masyarakat yang berisifat umum

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) > Prodi Komunikasi
Depositing User: Mrs. HESTIN OKTIANI
Date Deposited: 17 May 2023 07:24
Last Modified: 17 May 2023 07:24
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/51748

Actions (login required)

View Item View Item