Pramudiyanti, Pramudiyanti (2012) Kontribusi pembelajaran pengetahuan lingkungan berbasis projek untuk menumbuhkan sikap peduli lingkungan. In: Seminar Nasional SMAIP 2012.

[img]
Preview
Text
Kontribusi pembelajaran Pengetahuan lingkungan untuk menumbuhkan sikap peduli.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Salah satu kontribusi yang berperan memunculkan kesadaran akan pentingnya menumbuhkan sikap positif terhadap permasalahan lingkungan melalui dunia pendidikan. Kontribusi ini dapat melalui proses pembelajaran dikelas-kelas, salah satunya pada mata kuliah pengetahuan lingkungan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh dosen untuk mencapai tujuan utama mata kuliah tersebut adalah memilih suatu metode perkuliahan yang tepat Metode yai:ig dipandang tepat yaitu metode pembelajaran berbasis proyek. Metode ini dipandang mampu menumbuhkan sikap positif mahasiswa terhadap pemasalahan lingkungan. Melalui pembetajaran pengetahuan Ungkungan berbasis proyek, mahasiswa dapat memecahkan masalah-masalah lingkungan dengan menerapkan konsep-konsep yang sudah dimiliki dari berbagai disiplin ilmu terkait Adapun tujuan penelitian adalah:(1) Mengetahui kontribusi pembelajaran pengetahuan lingkungan berbasis proyek untuk menumbuhkan pengetahuan mahasiswa terhadap permasalahan lingkungan;(2) Mengetahui kontribusi pembelajaran pengetahuan lingkungan berbasis proyek untuk menumbuhkan sikap positif mahasiswa terhadap permasalahan lingkungan. Penelitian merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Desain penelitian adalah pretest-posttest non equivale[I. Data berupa nilai pretest dan posttest,yang diuji statistik menggunakan uji t. selain itu data berupa sikap mahasiswa dari pemyataan yang diberikan dalam angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai posttest antara kelas yang diberi pembelajaran berbasis proyek dan kelas yang diberi perlakuan diskusi lnformasl. Pada kelas eksperimen nilai posttest lebih tinggi daripada kelas kontrol. Dan berdasarkan angket sikap mahasiswa diperoleh haslf bahwa mahaslswa memberikan sikap positif dalam menjalankan proyek dan merespon positif terhadap perrnasalahan lingkungan yang terkait dengan proyek yang mereka ke~akan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: PRAMUDIYAN Pramudiyanti
Date Deposited: 15 May 2023 06:48
Last Modified: 15 May 2023 06:48
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/51652

Actions (login required)

View Item View Item