Pramudiyanti, Pramudiyanti (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN OBSERVER DAN KAMERAMEN DALAM KEGIATAN LESSON STUDY PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SEL. In: Seminar Nasional Pendidikan MIPA, 14 Oktober 2017, Bandar Lampung.

[img]
Preview
Text
Prosiding ISBN_Keterampilan observer.pdf

Download (555kB) | Preview

Abstract

Istilah lesson study belum dikenal oleh para mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi khususnya, para mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengobservasi pengaruh praktek lesson study terhadap peningkatan pengetahuan para mahasiswa yang berperan sebagai observer dan kameramen. Metode penelitian berupa survei terhadap para observer dan kameramen. Sampel adalah mahasiswa yang berperan sebagai observer pada kegiatan lesson study yang dilaksanakan pada tahun akademik 2016/2017 berjumlah 9 orang dan kameramen berjumlah 2 orang. Kegiatan Lesson Study dilakukan selama 15 siklus pada pembelajaran Biologi Sel. Data dikumpulkan menggunakan lembar wawancara, kuesioner, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan para observer dan kameramen mengenai lesson study. Indikator peningkatan tersebut antara lain: 1) observer telah memahami tahapan lesson study dan hal-hal yang dilakukan oleh tim lesson study pada setiap tahapan tersebut; 2) observer telah memahami batasan tugas observer dalam lesson study; 3) observer telah mengetahui cara menggunakan instrumen yang digunakan untuk mengamati perilaku mahasiswa yang sedang belajar; 4) kameramen telah memahami saat-saat penting (spot) yang harus direkam (shoot) di setiap tahapan lesson study.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: PRAMUDIYAN Pramudiyanti
Date Deposited: 15 May 2023 06:47
Last Modified: 15 May 2023 06:47
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/51633

Actions (login required)

View Item View Item