Sutarsyah, Cucu (2016) Pendidkkan di Indonesia: Permasalahan dan solusinya. -, - (-). Media Akademi, Yogyakarta. ISBN 978-602-6435-41-5 E-ISBN 978-602-6435-41-2
Text (buku ini membahas masalah pendidikan di Indonesia)
Pendidikan di Indonesia Cucu.rar - Published Version Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (362kB) |
Abstract
Buku ini mengupas hal yang terkait dengan bidang pendidikan. Kajian ini dikemas berdasarkan masalah yang berkembang, baik yang terjadi di dalam maupun di luar dunia pendidikan, yang secara langsung ataupun tidak, berpengaruh terhadap dunia pendidikan kita. Masalah-masalah dalam dunia pendidikan yang dibahas terkait dengan pemerataan pendidikan, efisien, relevansi, dan kualitas pendidikan yang sejak lama menjadi pusat perhatian kita dalam menyelenggarakan pendidikan. Buku ini merupakan upaya mengumpulkan gagasan dan pemikiran dengan harapan buku ini menjadi referensi dan sebagai sarana pemperkaya wawasan pembaca sehingga dapat meningkatkan kreativitas serta kepeduliannya terhadap dunia pendidikan. Buku ini terbagi dalam empat topik bahasan. Yang pertama terfokus pada isu di bidang pendidikan dan tenaga kependidikan, termasuk tentang paradigma pendidikan dan profesionalisme guru. Kondisi tenaga pendidikan saat ini masih belum banyak memenuhi harapan yang ideal sebagai guru yang profesional. Tentunya ada masalah yang menjadi faktor penyebab. Bagian kedua terfokus pada profesi pendidikan dan budaya dalam pendidikan. Bagian berikutnya terkait dengan pendidikan usia dini. Pada bagian ini konsep tentang pembelajaran anak usia dini dikupas, termasuk nilai moral dan agama. Kalau kita perhatikan banyak praktik-praktik kependidikan usia dini yang tidak sesuai dengan konsep pembelajaran PAUD. Maka bagian ini bisa dijadikan acuan inspiratif bagi para guru dan mahasiswa PAUD. Sementara bagian ke empat membahas hal-hal yang terkait dengan dunia pendidikan di sekolah dasar, dan permasalahannya. Materi pada bagian ini banyak terfokus pada permasalahan atau kendala pembelajaran bahasa Inggris; Kendala ini kadang tidak disadari oleh para guru. Bagaimanakah proses pembelajaran bahsa Inggris di sekolah dasar, yang sesuai dengan kaidah dan teori pembelajaran bahasa untuk anak usia sekolah dasar.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Bahasa Inggris |
Depositing User: | CUCU SUTAR |
Date Deposited: | 10 Nov 2017 14:39 |
Last Modified: | 10 Nov 2017 14:39 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/5139 |
Actions (login required)
View Item |