Destini, Frida and ASTUTI, NELLY Pengaruh Metode Debat Aktif terhadap Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Didaktika, 2 (4). pp. 601-610. ISSN 2775-9024

[img]
Preview
Text
41. DESTIANI, 2(4),601-210.pdf

Download (293kB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik peserta didik kelas V yang disebabkan oleh kurangnya penggunaan metode belajar yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode debat aktif terhadap hasil belajar peserta didik kelas V sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen (quasi-experimental) dan data yang digunakan adalah data kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 1 Rajabasa Bandar Lampung yang berjumlah 35 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik penarikan sampel jenuh. Pengumpulan data menggunakan lembar tes dan dokumentasi. Hasil teknik analisis data menggunakan rumus uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode debat aktif terhadap hasil belajar peserta didik kelas V sekolah dasar dengan persentase sebesar 79%. Peningkatan hasil belajar dikarenakan keseuaian materi dengan isu perdebatan yang dibahas sehari-hari sehingga peserta didik merasa tertarik dan diharapkan dapat dijadikan alternatif penggunaan metode pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar tematik peserta didik

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: M.Pd Frida Destini
Date Deposited: 10 May 2023 06:05
Last Modified: 10 May 2023 06:05
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/51358

Actions (login required)

View Item View Item