Hasnunidah, Neni and Surbakti, Arwin and Median Agus Priadi, A.P and Wiono, Wisnu Juli (2022) Penguatan Kemampuan Guru IPA SMP di Lampung Selatan dalam Mengembangkan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Model Argument-Driven Inquiry. Ruang Pengabdian (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2 (1). pp. 10-25. ISSN 2798-9453

[img]
Preview
Text
23888-60741-1-PB_Artikel Pengabdian Neni_2022_1.pdf

Download (566kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPKM/arti...

Abstract

Pengembangan profesionalitas guru terutama harus didasarkan pada kebutuhan individu guru itu sendiri, selain kebutuhan institusi dan kelompok guru. Selama ini terindikasi bahwa guru terutama pada jenjang SMP/MTs mengalami kendala dalam menyusun program pembelajaran berbasis pendekatan saintifik, apalagi dalam mengimplementasikannya. Kegiatan Pelaksanaan Iptek bagi Masyarakat (IbM) telah diselenggarakan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru-guru IPA SMP di Kabupten Lampung Selatan dalam mengembangkan bahan ajar berbasis pendekatan saintifik dengan model pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI). Dosen sebagai nara sumber sekaligus pakar pendidikan dalam sistem pembinaan profesional guru mengkoordinir pelaksanaan program dan implementasinya. Hasil kegiatan IbM ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman guru tentang perancangan bahan ajar IPA SMP berbasis pendekatan saintifik dengan model pembelajaran argument-driven inquiry. Keterampilan guru meningkat terutama dalam menyusun Lembar Kerja Siswa (LKS) IPA SMP berbasis pendekatan saintifik dengan model ADI. Dengan demikian, kegiatan pengabdian yang dilakukan telah berjalan secara efektif dan sesuai dengan hasil yang diharapkan.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: NENI HASNU
Date Deposited: 25 Apr 2023 11:24
Last Modified: 25 Apr 2023 11:24
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/50735

Actions (login required)

View Item View Item