Yolida, Berti and Lengkana, Dewi and Marpaung, Rini Rita and Maulina, Dina and Rakhmawati, Ismi and Priadi, Median. A and Coesamin, M (2023) Pengabdian: Pelatihan Model Pembelajaran IPA Terpadu untuk Profesionalisme Guru SMP Se-Kabupaten Pesawaran. Jurnal Nuwo Abdimas FKIP Unversitas Lampung, 2 (1). pp. 1-10. ISSN 2829-5188 (Cetak); ISSN: 2829-5129 (Online)
|
Text
Jurnal PKM bu Berti.pdf Download (244kB) | Preview |
Abstract
Konsep IPA sebaiknya tidak dikotak- kotakkan tetapi satu sama lain harus bisa saling melengkapi. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan profesionalisme guru terutama dalam aspek mengajar kususnya mata pel-ajaran IPA. Target pelatihan adalah guru IPA SMP se-kabupaten Pesawaran. Metode pelatihan yang digunakan ada beberapa yaitu: need assessment, diskusi informasi, metoda tugas, workshop membuat RPP IPA terpadu, Presen-tasi, Diskusi dan eksplorasi informasi, peer teaching. Data peningkatan diukur menggunakan instrument angket, soal tes esai, instrument tes Analisis Kinerja Guru, dan lembar observasi peer teaching. Data peningkatan profesionalisme dianalisis secara deskriptif. Simpulannya yaitu: 1) Pe-latihan implementasi model pembelajaran IPA terpadu mampu meningkatkan profesionalisme guru pada aspek pengetahuan, aspek kepribadian dan aspek sosial. Dan peningkatan paling tinggi terjadi pada aspek sosial dan kepribadian.2) Pe-ningkatan Kemampuan membuat RPP IPA terpadu kurang signifikan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | M COESAMIN |
Date Deposited: | 18 Apr 2023 08:27 |
Last Modified: | 18 Apr 2023 08:27 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/50643 |
Actions (login required)
View Item |