Mudji, Ramelan and Mirwan Karim, Mirwan Karim and Safitri, Dina (2019) Niat Pembelian sebagai Dampak Kepercayaan Konsumen pada Situs Web Perjalanan Online. Prosiding Penelitian-Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan, 1 (1). FEB Unila, Bandarlampung, Indonesia. ISBN 978-623-92193-1-4

[img]
Preview
Text
Prosiding Penelitian-Niat Pembelian sebagai Dampak Kepercayaan Konsumen pada Situs.pdf

Download (8MB) | Preview
Official URL: http://repository.lppm.unila.ac.id/16239/

Abstract

Hadirnya situs jasa perjalanan online seperti Traveloka, Trivago, Mister Aladin, Pegi-pegi, Nusatrip, Tiket.com, dan lainnya, membuat perencanaan aktivitas perjalanan semakin praktis, efektif, dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penentu yang memengaruhi kepercayaan konsumen pada situs web perjalanan online yang berbasis konsumen, perusahaan, dan situs web. Serta mengidentifikasi dampak kepercayaan pada situs perjalanan online dalam menciptkan niat konsumen untuk melakukan membelian, Penelitian ini dilakukan dengan desain kuantitatif, deskriptif dan verifikatif, menggunakan metode survei melalui wawancara dan menyebarkan kuesioner dengan teknik non-probability sampling kepada konsumen di Bandar Lampung yang mengetahui dan memahami tentang situs perjalanan online, sebanyak 400 responden. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan secara multivariate dengan teknik analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM) pada aplikasi Amos. Hasil penelitian menunjukan bahwa enam dari tujuh variable penelitian yang berbasis pada konsumen, perusahaan, dan website yaitu Experience and Proficiency, Propensity to Trust, Reputation of Website, Perceived Size of Website, Perceived Ease of Use, Website Quality, terbukti berpengaruh terhadap kepercayaan konsumen pada website online travel, dan kepercayaan konsumen terbukti dapat menumbuhkan niat konsumen untuk melakukan pembelian pada situs perjalanan online. Satu variabel berbasis website yaitu Perceived Usefulness tidak terbukti berpengaruh terhadap kepercayaan konsumen pada website online travel. Kata Kunci: Experience and Proficiency, Propensity to Trust, Reputation of Website, Perceived Size of Website, Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Website Quality, Perceived Website Trust, intentions to purchase.

Item Type: Book
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Prodi Manajemen
Depositing User: Ms Dina Safitri
Date Deposited: 11 Apr 2023 13:37
Last Modified: 11 Apr 2023 13:37
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/50280

Actions (login required)

View Item View Item