Fihartini, Yuni and Ramelan, Mudji Rachmat Prosiding Penelitian SEminar NAsional Forum Manajemen Indonesia (FMI) ke-9, PEnguatan Daya Saing Melalui Inovasi, Manajemen PEngetahuan dan Jejaring, Semarang 8 - 10 November 2017. Proseding Seminar Forum Manajemen Indonesia Ke-9. ISSN 978-602-8557-31-3

[img]
Preview
Text (Proceeding SEMINAR NASIONAL Forum Manajemen Indonesia ke -9 SEMARANG)
PROCEEDING-YUNI-MUJI.pdf - Published Version

Download (397kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berdampak pada perubahan perilaku konsumen, yang sebelumnya berbelanja secara konvensional dengan melakukan pembelian melalui transaksi tatap muka, kini berbelanja secara virtual melalui perangkat elektronik yang terhubung dengan media internet. Belanja online menawarkan beberapa kelebihan yang menjadi faktor positif mendukung konsumen untuk melakukan berbelanja online. Namun belanja online juga memiliki kelemahan potensi terjadinya risiko kerugian yang berdampak negatif pada perilaku konsumen dalam memutuskan pembelian onlinenya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dimensi persepsi risiko yang terdiri dari risiko keuangan, risiko produk, risiko waktu, risiko pengiriman, risiko sosial, dan risiko keamanan informasi terhadap perilaku konsumen dalam belanja online, dengan responden para konsumen di Bandar Lampung yang pernah melakukan belanja online sebanyak 100 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non probability sampling menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa tiga dimensi risiko yakni risiko produk, risiko pengiriman, dan risiko keamanan informasi terbukti berpengaruh terhadap perilaku konsumen dalam memutuskan belanja online. Sementara tiga dimensi risiko lainnya, yakni risiko keuangan, risiko waktu, dan risiko sosial tidak terbukti berpengaruh terhadap perilaku konsumen dalam memutuskan berbelanja online. Kata kunci: risiko keuangan, risiko produk, risiko waktu, risiko pengiriman, risiko sosial, risiko keamanan informasi, belanja online

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Prodi Manajemen
Depositing User: Mudji Rachmat Ramelan
Date Deposited: 16 Nov 2017 03:37
Last Modified: 16 Nov 2017 03:37
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/5011

Actions (login required)

View Item View Item