Kristiani, Natalia Dalima and I Komang, Winatha and Tedi, Rusman (2021) Pengaruh Pemanfaatan E-Learning, Kemandirian Belajar, Sarana Pembelajaran Online, Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas X IPS SMA Negeri 1 Padang Cermin Tahun Pelajaran 2020/ 2021. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan, 5 (2). pp. 245-257. ISSN 2549-0893

[img]
Preview
Text
10.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas permasalahan rendahnya motivasi belajar ekonomi peserta didik Kelas X IPS SMA Negeri 1 Padang Cermin Tahun Pelajaran 2020/2021. Sehingga, tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui tingkat motivasi belajar ekonomi peserta didik Kelas X IPS SMA Negeri 1 Padang Cermin Tahun Pelajaran 2020/2021 selama pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif verifikatif dengan pendekatan expost facto dan survey, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara online, dan angket. Penelitian diuji secara parsial dan simultan terhadap 55 orang peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial, diperoleh kesimpulan bahwa besarnya pengaruh pemanfaatan e-learning (X1) terhadap motivasi belajar ekonomi (Y) yaitu 0.140 atau 14%, kemandirian belajar (X2) terhadap motivasi belajar ekonomi (Y) yaitu 0.097 atau 9.7%, sarana pembelajaran online (X3) terhadap motivasi belajar ekonomi (Y) yaitu 0.134 atau 13.4%, dan perhatian orang tua (X4) terhadap motivasi belajar ekonomi yaitu 0.147 atau 14.7%. Berdasarkan hasil penelitian secara simultan, diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh pemanfaatan e- learning, kemandirian belajar, sarana pembelajaran online, dan perhatian orang tua terhadap motivasi belajar ekonomi peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 1 Padang Cermin Tahun Pelajaran 2020/2021 sebesar 0.397 atau 39,7% dengan perolehan Fhitung > Ftabel atau 8.243 > 2.56 dan nilai signifikansi < (α) atau 0.000 < 0.05. Kata kunci: Motivasi Belajar Ekonomi; Pembelajaran Daring;

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Depositing User: TEDI RUSMA
Date Deposited: 06 Apr 2023 07:24
Last Modified: 06 Apr 2023 07:24
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/49757

Actions (login required)

View Item View Item