Lisiswanti, Rika and Saputra, Oktadoni (2015) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ketertarikan Mahasiswa Kuliah Dalam Kelas Besar. Juke Unila, 5 (9). ISSN 2088-9348
|
Text
PUSTAKA 6 - Rika L.pdf Download (367kB) | Preview |
Abstract
Kuliah masih merupakan salah satu strategi pembelajaran yang tidak bisa dihilangkan. Dengan adanya kuliah mahasiswa bisa mendapatkan pengetahuan dari ahlinya walaupun kurikulum yang digunakan adalah kurikulum Problem-Based Learning (PBL). Akhir-akhir ini banyak keluhan karena motivasi mahasiswa kuliah menurun. Ada banyak faktor yang mempengaruhi mahasiswa untuk kuliah atau mengikuti perkuliahan. Faktor tersebut di antaranya adalah metode PBL yang mendukung mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan Self-Directed Learning (SDL) sehingga mahasiswa terbiasa mandiri. Kemudian keterampilan dosen dalam mengajar, mengaktifkan, dan memotivasi mahasiswa. Faktor lainnya adalah motivasi mahasiswa yang rendah, gaya belajar yang tidak sesuai, dan lingkungan belajar yang tidak mendukung. Simpulan, Untuk meningkatkan ketertarikan mahasiswa bisa dilakukan dengan mengembangkan strategi mengajar di dalam kelas. [JuKe Unila 2015; 5(9):115-118] Kata Kunci: kelas besar, keterampilan dosen, kuliah, kurikulum pbl, lingkungan belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Depositing User: | dr., MMedE Rika Lisiswanti |
Date Deposited: | 01 Sep 2016 01:10 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 01:10 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/497 |
Actions (login required)
View Item |