Chandra Ertikanto, CE (2022) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN PEMODELAN. Documentation. EUREKA MEDIA AKSARA.

[img]
Preview
Text
Buku Monograp.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Menurut Foulds (1996), apabila kemampuan inkuiri guru kurang dalam membelajarkan sains, menjadikan pembelajaran sains tidak menggunakan hand-on, maka pelaksanaan pembelajaran sains menjadi membosankan. Pada pembelajaran sains di kelas sering kurang bermakna bagi siswa, seperti siswa hanya duduk manis dan diam, mendengarkan penjelasan guru, guru banyak berdiri di depan kelas menjelaskan materi pelajaran, guru cenderung lebih banyak ceramah. Hasil kajian menurut Cuevas et al. (2005) menyatakan, apabila instruksi (penjelasan) dan komunikasi antara guru dan siswa saat pembelajaran sains berbasis inkuiri dilaksanakan dengan benar, maka dipastikan dapat meningkatkan hasil belajar sains. Tetapi ternyata temuan di lapangan lain, temuan Akinoglu (2008), bahwa siswa belajar sains cenderung dibekali ranah kognitif saja oleh guru, hal ini terjadi karena pengetahuan guru selain ranah kognitif terbatas, semestinya pelaksanaan pembelajaran sains di sekolah harus membekali siswa dengan ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Pembelajaran sains yang dilaksanakan oleh sebagian besar guru-guru di SD terungkap tidak berbasis inkuiri (Ertikanto dkk., 2011-a), sehingga pembelajaran sains yang telah dilaksanakan oleh guru-guru di kelasnya, tidak berdampak pada siswa dalam menumbuhkan kemampuan bekerja, bersikap, dan berkomunikasi ilmiah sebagai komponen penting dalam kecakapan hidup (BSNP, 2006). Hal ini terjadi karena kurangnya kemampuan inkuiri guru, dan lemahnya guru dalam menyelenggarakan pembelajaran sains yang seharusnya secara scientific inquiry. Pada buku ini penulis bermaksud membahas mengenai pengembangan kemampuaninkuiri, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya dibidang sains

Item Type: Monograph (Documentation)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Dr. Chandra Ertikanto
Date Deposited: 29 Mar 2023 08:12
Last Modified: 29 Mar 2023 08:12
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/49354

Actions (login required)

View Item View Item