Zakaria, Ahmad (2010) Studi Pemodelan Stokastik Curah Hujan Harian Dari Data Curah Hujan Stasiun Purajaya. In: Membangun Jejaring Pengembang dan Pengguna SAINS dan Matematika, 8 - 9 Desember 2010, Universitas Lampung.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
sn smap 2 - studi pemodelan stokastik - 2010.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://www,unila.ac.id/~mipa/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari model stokastik dari data seri curah hujan harian. Studi ini dilakukan dengan menggunakan data curah hujan harian dengan panjang data 25 tahun (1977–2001) dari stasiun Purajaya. Seri curah hujan yang digunakan diasumsikan bebas dari pengaruh yang bersifat trend. Keperiodikan dari data curah hujan harian dipresentasikan dengan menggunakan 253 komponen yang bersifat periodik. Seri stokastik curah hujan dari data curah hujan ini diasumsikan sebagai selisih (kesalahan) antara data curah hujan dengan model periodik curah hujan dengan menggunakan 253 komponen. Berdasarkan data seri stokastik, komponen stokastik dihitung dengan menggunakan pendekatan autoregresif model. Model stokastik dipresentasikan dengan menggunakan autoregresif model orde dua. Validasi seri stokastik, antara data dan model dilakukan dengan menghitung koefisien korelasinya. Untuk penelitian ini, koefisien korelasi (R) antara data dan model stokastik adalah sebesar 0,9989. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa model stokastik dari dari curah hujan harian stasiun Purajaya yang pengolahan model periodiknya menggunakan 253 komponen, memberikan hasil pendekatan yang sangat signifikan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: curah hujan harian, autoregresif model, komponen stokastik
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Prodi Teknik Sipil
Depositing User: Dr. Ahmad Zakaria
Date Deposited: 27 Mar 2023 00:53
Last Modified: 27 Mar 2023 00:53
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/49213

Available Versions of this Item

  • Studi Pemodelan Stokastik Curah Hujan Harian Dari Data Curah Hujan Stasiun Purajaya. (deposited 27 Mar 2023 00:53) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item