ARIF, SUPARMAN and Rachmedita, Valensy and Pratama, Rinaldo Adi (2023) Media Pembelajaran Digital sebagai Sumber Belajar Mahasiswa Pendidikan Sejarah. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5 (1). pp. 435-446. ISSN 26568071

[img]
Preview
Text
4685-16116-1-PB.pdf

Download (671kB) | Preview
Official URL: https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/vi...

Abstract

Kegiatan pembelajaran siswa SMA dan SMK mutlak perlu memanfaatkan penggunaan media pembelajaran sejarah digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat dari pelibatan media pembelajaran berbasis digital sebagai sarana pembelajaran bagi mahasiswa pelatihan sejarah. Dalam kegiatan pembelajaran, pendidik khususnya guru atau dosen dapat menggunakan media pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam memahami konten yang disajikan. Pembelajaran sejarah melalui materi pembelajaran sejarah pada akhirnya dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang dipelajarinya.Temuan penelitian menunjukkan bahwa siswa dalam pendidikan sejarah memanfaatkan media pembelajaran sejarah digital dengan baik sebagai sumber belajar. Menurut tanggapan angket siswa 57,1 % sangat setuju dan 34,7% setuju. Artinya, mayoritas siswa berpendapat bahwa media pembelajaran sejarah berbasis digital merupakan sumber belajar yang dapat dimanfaatkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang dimaksud.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Depositing User: Rinaldo Adi Pratama
Date Deposited: 20 Mar 2023 02:03
Last Modified: 20 Mar 2023 02:03
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/49018

Actions (login required)

View Item View Item