Sumargono, Sumargono (2012) Pancala APP (Pancasila’s Character Profile): Sebagai Inovasi Mendukung Merdeka Belajar Selama Masa Pandemik. Pancala APP (Pancasila’s Character Profile): Sebagai Inovasi Mendukung Merdeka Belajar Selama Masa Pandemik, 13 (2). pp. 91-108. ISSN 2085-1472
|
Text
10 PANCALA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Dunia pendidikan selama masa pandemik menunjukan ketidakstabilan yang meresahkan, temuan lapangan menyebut bahwa pembelajaran luring membuat siswa tidak mampu menyerap ilmu dengan optimal. Permasalahan lain seperti menurunnya karakter peserta didik turut mengekor. Beragam paket kebijakan diluncurkan pemerintah, salah satunya adalah merdeka belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengungkap tentang: 1) Permasalahan pendidikan dimasa pandemik 2) Upaya sekolah untuk mendukung merdeka belajar 3) Mediaguru dalam menanamkan nilai-nilai pada profil pelajar pancasiladi SD N 1 Gedong Meneng.Penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, angket dan wawancara. Adapunteknik analisis data yang digunakan yaitudengan cara mengumpulkan data, mereduksi data dan menyajikan data. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Kontribusi guru atau sekolah dalam mendukung merdeka belajar.2)Upayasekolah dalam menanamkan nilai-nilai profilpelajar pancasila didalam diri pesertadidikmelalui aplikasi androidsebagai suplemenpembelajaran yang menyenangkan.3) Terciptanya media Pancala APP (Pancasila’s Character Profile)
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Sejarah IPS |
Depositing User: | Sumargono |
Date Deposited: | 01 Mar 2023 07:45 |
Last Modified: | 01 Mar 2023 07:45 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/48679 |
Actions (login required)
View Item |