Suroto, Suroto and Winatha, I Komang and Rahmawati, Fanni Strategi Peningkatan Self-Directed Learning Melalui Pemahaman Literasi Pada Online Learning. JURNAL PENGABDIAN SOSIAL INDONESIA (Journal of Indonesian Social Service), 2 (1). pp. 22-27. ISSN 2775-7358

[img]
Preview
Text
24804-61770-1-PB.pdf

Download (278kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPSI/arti...

Abstract

Peningkatan nalar kemampuan mahasiswa untuk berinisiatif dan memiliki tanggung jawab dengan penuh kesadaran dalam belajar secara mandiri (self directed learning) tentu menjadi perhatian saat ini. Dalam situasi pembelajaran yang dilakukan secara daring artinya tanpa tatap muka dengan pendidik secara langsung, setiap mahasiswa dituntut untuk memiliki kemampuan menentukan strategi dalam belajar, dan kemampuan evaluasi secara mandiri dengan baik, keterampilan intrapersonal tiap-tiap mahasiswa akan terlihat. Kegiatan Self directed learning tidak dapat dipisahkan dengan pemahaman akan pentingnya literasi, kemandirian mahasiswa dalam belajar secara mandiri akan mudah dicapai apabila mahasiswa telah memiliki kemampuan ketika memahami dan mengolah berbagai informasi yang ditemui ketika membaca atau menulis. Pembelajaran yang saat ini dilaksanakan secara virtual atau dalam jaringan tentu memperluas ragam informasi dan sumber belajar, pengusaan literasi berbasis data yang tidak hanya mengandalkan buku teks. Kegiatan dalam pengabdian ini difokuskan untuk mengoptimalkan kemandirian mahasiswa dalam belajar dengan meningkatkan kemampuan literasi pada pembelajaran daring.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Depositing User: Spd.,M.Pd Suroto Suroto
Date Deposited: 01 Mar 2023 07:45
Last Modified: 01 Mar 2023 07:45
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/48675

Actions (login required)

View Item View Item