Sumargono, Sumargono (2023) Modul Pembelajaran Sejarah Tokoh Perjuangan Lampung Berbasis E- Learning Sebagai Upaya Penanaman Pendidikan Karakter. Modul Pembelajaran Sejarah Tokoh Perjuangan Lampung Berbasis E- Learning Sebagai Upaya Penanaman Pendidikan Karakter, 11 (1). pp. 143-149. ISSN 2527-4295

[img]
Preview
Text
2 rn d.pdf

Download (358kB) | Preview
[img] Text
2777

Download (3kB)
Official URL: https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/vi...

Abstract

Pembelajaran sejarah dalam penanaman karakter dapat dilihat dari tokoh-tokoh perjuangan daerah yang memberikan keteladanan dalam nilai-nilai positif yang tepat. Penanaman karakter tersebut dengan peserta didik dapat memberikan arti pentingnya nilai persatuan dan kesatuan. Tujuan penelitian ini adalah memberikan solusi inovatif berupa e-modul pembelajaran sejarah tokoh perjuangan Lampung yang memuat sejarah lokal berbasis pendidikan karater. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) yang diadaptasi dari model penelitian pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evuluation). Hasil penelitian dari validasi ahli materi mendapatkan persentase nilai 95.38% dalam kategori sangat valid. Validasi ahli media mendapat prosentase nilai 93.33% termasuk dalam kategori sangat valid. Praktisi pendidikan guru sejarah mendapatkan persentase nilai 93.75% termasuk dalam kategori sangat valid. Respon siswa terhadap media ini pada saat dilakukan uji coba medapatkan nilai rata-rata presentase >70% setiap indikatornya yang berarti menunjukkan respon positif. Berdasarkan eksperimen yang dilakukan kepada dua kelas yang berbeda menghasilkan rata-rata pada kelas eksperimen 85,71 dan kelas kontrol 78,75 yang berarti media yang dikembangkan efektif pada pembelajaran sejarah. Secara keseluruhan menyatakan bahwa solusi inovatif berupa e-modul pembelajaran sejarah tokoh perjuangan Lampung yang memuat sejarah lokal berbasispendidikan karater pada peserta didik layak untuk digunakan dan mendapat respon positif dari siswa.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Depositing User: Sumargono
Date Deposited: 01 Mar 2023 02:00
Last Modified: 01 Mar 2023 02:00
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/48658

Actions (login required)

View Item View Item