Supriyadi, Supriyadi and Ika, Wulandari U.T and Nelly, Astuti and Ismu, Sukamto and Frida, Destiyani and Fadhilah, Khairani and Amrina, Izzatika (2022) Implementation of HOTS-Oriented Problem Based Learning on Science Literacy Ability. Jurnal Pendidikan Progresif, 12 (3). pp. 1492-1499. ISSN 2087-9849
|
Text
Implementation of HOTS-Oriented Problem Based Learning on.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah Berorientasi HOTS terhadap Kemampuan Literasi Sains. Tujuan: Mengetahui dan menganalisis kemampuan literasi sains dengan menerapkan HOTS berbasis problem based learning. Metode: Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 5 Metro Pusat. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dan menggunakan salah satu bentuk desain yaitu one group pretest-posttest design. Indikator HOTS yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengidentifikasi isu ilmiah (problem); menjelaskan fenomena ilmiah; menggunakan pembuktian ilmiah.. Temuan: Berdasarkan hasil analisis data, nilai pretest kemampuan literasi sains siswa kelas eksperimen adalah 9,25 dan nilai posttest adalah 11,90 Kesimpulan: Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) berbasis problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan literasi sains berdampak pada peningkatan n-gain sebesar 0,21 pada kelompok rendah. kategori. Pada analisis rata-rata skor n-gain pada indikator kemampuan literasi sains tertinggi yaitu penggunaan bukti ilmiah.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Depositing User: | SUPRIYADI |
Date Deposited: | 25 Jan 2023 09:06 |
Last Modified: | 25 Jan 2023 09:06 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/48018 |
Actions (login required)
View Item |