Heru, Prasetyo and Ayu Setiyo, Putri and Munaris, Munaris (2022) Efektifitas model pembelajaran flipped classroom berbasis youtube sebagai media pembelajaran Stilistika pascapandemi covid-19. AKSARA, 23 (1). pp. 21-29. ISSN 1411-20151

[img]
Preview
Text (Artikel)
Efektifitas model pembelajaran flipped classroom berbasis.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Uji Turnitin)
Efektifitas model pembelajaran flipped classroom berbasis youtube sebagai media pembelajaran Stilistika pascapandemi covid-19.pdf - Other

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/aksara

Abstract

Penelitian ini mencoba menangkap kecukupan pemanfaatan model pembelajaran flipped classroom berbasis youtube terhadap mata kuliah Stilistika kepada mahasiswa program studi pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia FKIP Universitas Lampung selepas Covid-19. Metodelogi yang digunakan kuantitatif Pre-Experimental Design dengan one group pretesposttest design. Hasil dari penelitian ini diperoleh dengan memberikan tes hasil evaluasi mata kuliah stilistika berupa pretest dan posttest. Peneliti menemukan bahwa dampak dari kemampuan mahasiswa program studi pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia FKIP Universitas Lampung memiliki peningkatan besar dalam nilai pre test dan post test. Hal ini ditunjukkan dengan nilai pretest sebesar 48,44 dan normal post test sebesar 67,19. Selain itu diamati bahwa nilai signifikasi (2 tailed) adalah 0,000. Ini berarti bahwa dampaknya sangat penting karena 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,00,0,05). Artinya H0 ditolak sementara H1 diakui bahwa ada pengaruh penting pada penggunaan model flipped classroom berbasis youtube terhadap kemampuan mahasiswa memahami materi Stilistika.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: MUNARIS MUNARIS
Date Deposited: 20 Jan 2023 02:05
Last Modified: 20 Jan 2023 02:05
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/47930

Actions (login required)

View Item View Item